banner 728x250

Seminar Ngobras Litrasi Digital, Tantangan dan Peluang Digital Marketing

banner 120x600
banner 468x60

Jejaktoday.com – JAKARTA – Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) bekerja sama dengan DPR RI laksanakan agenda Webinar Ngobras Literasi Digital dengan tema “Tantangan dan Peluang Digital Marketing”.

Kegiatan webinar tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, pembacaan doa dan menampilkan tari lenggang dari Betawi dilanjutkan dengan ucapan kata sambutan sekaligus membuka acara webinar. Jumat (26/04/2024).

banner 325x300

Kegiatan Webinar tersebut diadakan melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 146 peserta.

Adapun pemateri yang mengisi Webinar tersebut adalah anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Sukamta, Andika Kairuliawan selaku Tiktok Practitioner dan Dwi Ari Wibowo, S.Pd.

Dalam sesi diskusi pertama yang di sampaikan oleh Andika Kairuliawan menjelaskan bahwa digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat.

Namun dalam digital marketing terdapat tantangan atau problem yang harus dilewati seperti Mempunyai banyak tim namun tidak tau cara membuatnya menjadi produktif dan achieve goals, tim belum bisa menaikkan kapasitas orderan dan membuat brand semakin dikenal banyak orang, sudah ngonten bulanan bahkan tahunan namun belum memiliki konten yang fyp, memiliki produk yang bagus tetapi tim yang mengerjakan  kurang maksimal karena tidak memiliki roadmap branding yang jelas, belum memiliki tim sama sekali dan belum memiliki gambaran untuk pekerjaan tim nantinya, dan yang terakhir biasanya sering terjadi beberapa kali membentuk tim namun tidak pernah berhasil dan selalu berakhir dengan turnover team karena tim tidak kompeten dan owner belum memiliki wawasan dalam membimbing tim.

Pemateri pertama juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi problem tersebut kita perlu mendalami dan memahami mengenai digital marketing.

Lalu dilanjutkan oleh pemateri kedua menyampaikan bahwa kita memiliki banyak peluang dalam membangun bisnis didunia digital marketing,  Indonesia salah satu negara yang paling banyak menggunakan aplikasi youtube, banyak dari kita memanfaatkan YouTube untuk menjadikan salah satu sumber mata pencahariannya, seperti konten kreator dsb. Selain youtube peluang yang bisa kita manfaatkan juga yaitu Facebook, dari riset yang dilakukan penghasilan terbesar di dapatkan dari Facebook, namun tidak hanya peluang terdapat tantangan juga yang harus kita lewati dalam digital marketing.

Pemateri kedua juga menjelaskan mengapa kita harus menggunakan digital marketing karena mudah dipelajari, bisa dilakukan dimana saja, bisa dilakukan tanpa modal, bisa mengikuti perkembangan zaman, selain itu bisnis digital marketing juga bisa diakses oleh costumer kapan saja, dan yang paling penting digunakan oleh semua masyarakat baik anak- anak, remaja, maupun orang tua” ucap Dwi Ari Wibowo

Pemateri kedua juga menjelaskan bahwa dalam membangun bisnis digital tidak perlu memerlukan tim yang banyak, karena itu hanya akan menghambat bisnis, teman-teman bisa belajar iklan sendiri, membuat platform sendiri itu akan lebih mudah.”Ujarnya”

Dalam penyampaian materi ketiga yaitu Dr. H. Sukamta berpesan bahwa dalam melakukan digital marketing jangan sampai kita merugikan pihak lain dengan cara membuat produk iklan yang terlalu bombastis, dimana produk yang di jual dengan yang di iklankan jauh berbeda, karena itu bisa termasuk kedalam penipuan. “Tutupnya”

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *