banner 728x250

Diskusi Publik Bersama Anggota Komisi 1 DPR-RI: Digital UMKM Naik Kelas di Era Digital

banner 120x600
banner 468x60

Jejaktoday.com, Jakarta – Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) bekerja sama dengan DPR RI laksanakan agenda Webinar diskusi Publik dalam Forum Digital UMKM Naik Kelas di Era Digital kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, dilanjutkan dengan ucapan kata sambutan sekaligus membuka acara webinar. Jumat (19/01/2024).

Kegiatan Webinar tersebut diadakan melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 196 peserta.

banner 325x300

Adapun pemateri yang mengisi Seminar tersebut adalah anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Jazuli Juwaini, LC. MA, Dr. Ismail Cawidu , M.Si. selaku Pegiat Literasi Digital, Ayattullah Khumaein selaku Pengusaha Banten dan di Moderatori Nuraz Anami.

Dalam sambutannya Dr. H. Jazuli menyampaikan bahwa ini adalah program yang diajukan kepada kominfo khususnya untuk warga banten, dalam penyampaiannya juga beliau menyebutkan bahwa ekonomi adalah masalah yang sangat penting dalam sebuah masyarakat.

Orang yang melakukan akfititas ekonomi pahalanya sangat luar biasa , selain tentu manfaatnya juga manfaatnya untuk kesejahteraan hidup. di era teknologi digital ini kita harus cerdas menangkap dan memanfaatkan trend digitalisasi.

Selain itu Dr. H Jazuli juga mengatakan bahwa teknologi digital sangat besar manfaatnya , meskipun tentu saja terdapat hal negatif yang harus kita hindari. “Banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan di era digital ini untuk pelaku usaha, dengan kreatifitas orang bisa menghasilkan sesuatu seperti contohnya banyak pelaku usaha yang memanfaatkan era digital dengan berjualan di tiktok, facebook maupun aplikasi lainnya tanpa memerlukan sewa toko, artinya peluang usaha di era digital ini sangat mudah sekali untuk di jangkau oleh semua kalangan”.

Adapun pemateri kedua Dr. Ismail cawidu, M. Si. menyampaikan bahwa kita perlu belajar dari para pelaku umkm yang sudah go digital, bukan persaingan yang ditonjolkan tapi kebersamaan , ikuti program pelatihan yang di adakan seperti pelatihan pemasaran maupun pelatihan branding, aktifkan akun media sosial karena itu merupakan tempat yang digunakan untuk usaha, rawat dan pelihara jaringan serta jaga inegrtas.  Lalu di lanjutkan oleh pemateri ketiga yaitu dalam materinya menyampaikan bahwa suksesnya dunia bisnis itu tergantung menset kita.

Mindset adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha, karena itu merupakan rumah atau pondasi yang harus kita miliki. Bisnis yang berkembang dan tidaknya itu tergantung menset atau pola pikir kita.  “ orang yang memiliki pola pikir yang bagus tentu saja akan mengetahui dan memahami bahwa jatuh bangun dalam dunia bisnis itu biasa, serta dengan menset yang bagus ketika usaha gagal maka tidak ada kata menyerah, melainkan terus mencoba” tutup Ayatullah khumaein

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *